Pages

14 Jun 2014

Gelar Karya Siswa Kelas XI SMA A Wahid Hasyim

AWH (6/3). Gelar Karya Siswa Kelas XI, inilah nama sebuah acara yang pertama kalinya dilaksanakan di SMA A. Wahid Haysim. Acara ini merupakan bertujuan untuk menampilkan karya-karya yang dimiliki oleh siswa-siswi SMA A. Wahid Hasyim baik jurusan IPA maupun IPS. Acara yang diketuai oleh Taopik Saepul Rohman (IPA) dan Ahmad Khabibi (IPS) ini berlangsung mulai pukul 09.00 sampai pukul 12.30 WIB.


Sebelum acara dimulai, acara dibuka langsung oleh Bapak Kepala SMA A. Wahid Hasyim, Drs. Achmad Fathoni. Dalam sambutannya, Bapak Fathoni menyampaikan bahwa IPA dan IPS itu saling berkaitan. “Seorang Albert Einstein yang dijuluki sebagai ahli ilmuwan fisika dulunya merupakan seorang yang ahli pada bidang sosiologi. Dulunya Albert Einstein saat masih di Eropa sering belajar sosiologi, tapi setelah ia pindah ke Amerika Serikat ia mulai mempelajari tentang fisika dan menemukan sebuah rumus E=mc2. Begitupun dengan Auguste Comte seorang ilmuwan sosiologi, sebelumnya ia merupakan seorang yang ahli dalam bidang IPA juga”. Dalam sambutan Bapak Fathoni tersebut kita menyimpulkan bahwa kita itu harus seimbang antara mempelajari IPA maupun IPS. Setelah selesai sambutan, Bapak Fathoni kemudian menabuh gong sebagai tanda bahwa acara Gelar Karya Siswa Kelas XI telah dibuka.
Setelah itu diluncurkan sebuah balon udara sebagai permulaan acara. IPA maupun IPA sama-sama menunjukkan karyanya sesuai dengan pelajaran atau teori yang telah diajarkan guru. Dari jurusan dikeluarkan karya dari peluncuran roket, sampai tes golongan darah. Dari jurusan IPS tak kelah dengan meniatur gunung meletus sampai ditampilkan gambar-gambar yang berkaitan dengan sejarah Indonesia.
Tak hanya siswa yang ikut memeriahkan acara tersebut, guru-guru pun ikut melihat semua karya yang dihadirkan oleh siswa kelas XI tersebut. Tak sedikit siswa yang penasaran untuk mencoba bagaimana sebuat roket sederhana itu bisa diluncurkan. Kemudian permainan tebak-tebakkan materi tentang sistem  organ, permainan tentang menyusun bangun yang simetris, tes konsentrasi, teori asam basa, dan masih banyak karya lain yang dihadirkan oleh anak jurusan IPA. Anak IPS juga berkarya dengan mengahadirkan lukisan tentang penjajahan bangsa Indonesia, lukisan tokoh-tokoh, kemudian penayangan film sejarah dan penjelasan tentang siklus air di bumi.
Diharapkan dengan adanya acara tersebut bisa memacu siswa untuk lebih kreatif dan inovatif. Tidak hanya mampu mempelajari teori, tapi juga mempraktekkan teori tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Harapan dari panitia, semoga acara ini bisa berjalan dengan istiqomah dan lebih baik lagi. Sukses untuk siswa-siswi AWH.


0 comments:

Post a Comment