Pages

14 Jun 2014

Gunung Lawu Berpotensi Aktif

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta memperingatkan penduduk yang tinggal di sekitar gunung yang tidak aktif. Sebab, Gunung Sinabung di dataran tinggi Karo, Sumatera Utara, yang tidur selama 400 tahun meletus beberapa waktu lalu. "Gunung api tipe B masih ada potensi aktif kembali," kata Subandriyo, Kepala BPPTKG Yogyakarta, Kamis, 21 November 2013.
Gunung Sinabung adalah gunung api tipe B. Gunung api tipe B adalah gunung api yang dinyatakan tidur atau tidak aktif sejak tahun 1600. Gunung api dengan tipe yang sama di Jawa Tengah adalah Gunung Lawu di Karanganyar. Gunung-gunung itu dalam geologi masuk dalam kategori gunung muda, ujar Subandriyo. Gunung muda, katanya, mungkin bisa aktif kembali.
Sedangkan Gunung Sindoro yang juga berada di Jawa Tengah sampai saat ini masih aktif. Hanya, tingkat aktivitasnya tidak seperti Merapi dan belum terdeteksi adanya pergerakan magma. Namun, beberapa waktu lalu sempat muncul asap sulfatara. Tetapi hanya sebatas itu saja, ujar Subandriyo. Saat ini juga masih diteliti kenapa aktivitas Sindoro tidak sampai erupsi. Selain itu, Gunung Slamet, juga di Jawa Tengah, pun berpotensi aktif. "Untuk aktifnya kapan belum ada kepastian."
Aktivitas penduduk di sekitar Lawu dan Sindoro sangat berdekatan dengan gunung. Mereka bahkan bertani hingga ke kawasan atas gunung untuk menanam tembakau, seperti di Temanggung dan Wonosobo. Sedangkan di Gunung Lawu, penduduk bertanam sayuran.Tapi, ujar Subandriyo, mitigasi bencana di dua gunung itu belum seintensif Gunung Merapi. Menurut dia, perlu sosialisasi ancaman bencana bagi penduduk di dua gunung itu. "Soal mitigasi itu tugas pemerintah pusat dan daerah, kami men-support dan memonitori aktivitas gunungnya.

Menurut Subandriyo, Gunung Lawu masih meninggalkan jejak aktivitas. Juga masih ada bau belerang, katanya. Jika berada di atas gunung di puncak Argodumilah, di bawah puncak itu ada tanah lapang. Dulu tanahlapang itu merupakan kawah Gunung Lawu.”

0 comments:

Post a Comment